Rabu, 23 Januari 2013

pemimpin yang baik


TIPS MENJADI PEMIMPIN YANG BAIK

Menjadi pemimpin yang baik,merupakan hal yang sangat penting, terutama didalam sebuah organisasi, dan sebenarnya setiap orang pasti pernah menjadi pemimpin,baik itu untuk ruang lingkup kecil seperti keluarga atau bahkan pemipin bagi diri sendiri.
Nah,,, untuk itu maka mari kita lihat dibawah ini tips-tips menjadi pemipin yang baik.
·         Harus memiliki tujuan, seorang pemimpin yang baik itu,harus memiliki tujuan dan beberapa pandangan apa yang ingin dilakukannyakedepannya. Karena dengan begitu semua kendali tergantung dari pimpinan, karena anggota akan mengikuti sesuai tujuan dari pemimpin tersebut yang tentunya tujuannya berguna bagi setiap anggotanya.
·         Memiliki karakter yang kuat, karakter yang kuat perlu dimiliki bagi seorang pemimpin. Kerena dengan begitu pemimpin akan bisa mempengruhi anggotanya dengan baik. Dalam artian yang bertujuan baik bagi semuanya. Jadi saat tujuan tersebut dijalankan,walaupun resiko yang diambil sangat besar pemimpin dapat mengarahkan anggotanya untuk bertindak apa yang harus dilakukan. Bukan lagi mudah terpengaruh dengan hal-hal lain.
·         Sigap dan selalu fokus, menjadi seorang pemimpin haruslah bersikap sigap dan selalu fokus dalam tiap permasalahan yang timbul. Pemimpin harus peka terhadap pemasalahan-permasalahan yang terjadi. Sehingga masalah yang ada tidak berlarut dalam menyelesaikannya. Dan tentunya tiap masalah harus dapat mengambil keputusan yang tepat dan cepatdalam kondisi apapun.
·         Kenali kelebihan dan kekurangan tim, kekurangan dan kelebihan merupakan sebuah evaluasi yang baik dalam sebuah tim, karena dengan begitu semua permasalahan bisa cepat terlihat. Sehingga potensi-potensi yang ada bisa dikembangkan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki tim tersebut. Namun, ada hal yang tidak kalah penting yaitu jika seorang pemimpin melakukan kesalahan, hendaknya mau mengakui karena memang hal ini merupakan sikap berjiwa besar dan ini akan berdampak baik bagi anggotanya, karena pemimpin merupakan contoh bagi anggotanya.
·         Rendah hati,  banyak pemimpin yang kurang rendah hati pada para anggotanya. Namun hanya yang mampu berbaur dan rendah hati lah yang bisa Menjadi Pemimpin Yang Baik, karena dengan begitu hubungan akan lebih baik sehingga bisa memperlanca kerjasama antar pemimpin dan anggotanya.
·         Dengarkan dan berikan pengakuan bagi anggota tim, menjadi pendengar yang baik bagi para anggotanya merupakan hal yang perlu dimiliki bagi seorang pemimpin. Karena dengan begitu tiap anggota akan merasa lebih dihargai dan merasa berkontribusi bagi para timnya.
Inilah beberapa tips menjadi pemimpin yang baik, dan ini merupakan langkah yang baik meurut saya, namun semua tetap kembali kepada individu masing-masing. Karena praktek tidak semudah dari apa yang kita praktekkan.
BY:MARJAN


0 komentar:

Posting Komentar